Deskripsi
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Informasi Umum
Sekolah : SMP Tulus Kartika
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 17 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
C.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat
2. Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat
3. Memahami bilangan bentuk akar
4. Memahami cara menentukan nilai perpangkatan
5. Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)
6. Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan
7. Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama
8. Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat
9. Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan
10. Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
11. Menyederhanakan operasi pada perpangkatan
12. Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
13. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya
Kegiatan
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
ï¶Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
ï¶Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
ï¶Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
ï¶Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ï¶Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
ï¶Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
ï¶Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
ï¶Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
ï¶Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
ï¶Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
ï¶Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
ï¶Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
ï¶Pembagian kelompok belajar
ï¶Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 55 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Fase 1
Mengorientasi siswa pada masalah ï¶Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (4 orang)
ï¶Menjelaskan tujuan pembelajaran logistik yang dibutuhkan
ï¶Memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah
Fase 2
Mengorganisasikan siswa
ï¶Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan lembar kegiatan tentang konsep bilangan berpangkat yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar. (buku paket pada bagian “Ayo Kita Amatiâ€, “ayo Kita Mencobaâ€, “Ayo Kita Menalarâ€, dan “Ayo Kita Simpulkan†)
ï¶Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan konsep perpangkatan
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok ï¶Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
ï¶Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konsep bilangan berpangkat bilangan bulat
ï¶Guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk membantu mengumpulkan informasi
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya ï¶Membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan laporan
ï¶Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang konsep perpangkatan yang mereka temukan.
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah ï¶Guru memfasilitasi agar kelompok lain dapat menanggapi dan memberikan pertanyaan
ï¶Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah di presentasikan oleh beberapa kelompok
ï¶Guru menguatkan kembali tentang materi yang telah di presentasikan oleh siswa.
ï¶Guru memberikan latihan
Catatan : Selama pembelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Peserta didik :
ï¶Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang baru dilakukan.
Guru :
ï¶Melakukan refleksi dan membuat kesimpulan dengan mengulang materi yang baru dipelajari sebagai penguatan.
ï¶Memberikan latihan pekerjaan rumah
ï¶Guru menginformasikan materi selanjutnya
ï¶Melakukan penutupan dan berdoa
Asesmen
I.Penilaian Hasil Pembelajaran
1.Teknik Penilaian (terlampir)
1)Sikap
-Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
-Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
2)Pengetahuan
-Tertulis Uraian (Lihat lampiran)
-Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
3)Keterampilan
-Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Lampiran
Dokumen Pendukung:RPP BAB 1 MATEMATIKA.pdf
Penulis: Ineu Yulliana, S.Pd. | Guru Matematika IX